Badan Keamanan Laut RI Segera Membangun Markas Keamanan Dan Keselamatan Perairan

Badan Keamanan Laut RI Segera Membangun Markas Keamanan Dan Keselamatan Perairan

suarahebat.co.id,BENGKALIS - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI segera membangun Markas Keamanan dan Keselamatan Perairan yang disebut Stasiun System Peringatan Dini (SPD). Stasiun SPD akan dibangun tahun ini di tanah seluas 9.000 meter persegi di Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan.

Adapun tanah tersebut merupakan hibah dari Pemkab Bengkalis yang secara formal, Naskah Perjanjian Hibah Daerah dan Berita Acara Serah Terima Hibah Tanah dari Pemkab Bengkalis kepada Bakamla RI dilakukan di Aula Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Selasa (24/1/2023).

Bupati Bengkalis, Kasmarni mengatakan, apa yang dilakukan merupakan komitmen, kerjasama, intensitas dan sinergi Pemkab Bengkalis dalam upaya penyelenggaraan tugas sistematik, menyeluruh, integral dan terintegrasi, dalam mendukung pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan Bakamla.

"Kami meyakini apa yang kami lakukan ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir. Tidak hanya dalam rangka mendukung upaya pengamanan daerah perairannya, namun juga meningkatkan taraf hidup penduduk di wilayah pesisir perairan pulau bengkalis," ujarnya.

Bupati berharap kepada Bakamla RI, untuk dapat saling berbagi kekuatan, saling mengisi kekurangan, baik dari SDM, sistem, metode serta karya sehingga dapat bersama-sama memajukan daerah.

"Kami menaruh harapan besar, melalui kerjasama yang kita bangun ini, tidak hanya memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan bengkalis, tetapi juga dapat meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir serta melibatkan unsur masyarakat pesisir untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengamanan laut," harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI DR Aan Kurnia mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bengkalis atas tanah yang dihibahkan.

Dikatakannya, total ada 35 titik Stasiun SPD yang akan dibangun, salah satunya di Bengkalis. Dimana Bengkalis akan menjadi prioritas untuk dibangun Stasiun SPD ditahun ini.

Ia menuturkan, Stasiun SPD di Bengkalis masuk dalam zona barat, pembangunannya akan digesa tahun ini, sebab Bengkalis masuk dalam wilayah strategis.

"Stasiun SPD di Bengkalis akan terintegrasi dengan AL se-indonesia dan beberapa instansi terkait, fungsinya untuk mengurangi pelanggaran dan meningkatkan keamanan di laut," pungkasnya.ns/bnb.

Komentar Via Facebook :