Diduga Pungut Biaya Penerbitan Sertifikat Lahan Erpak Girian Indah, Oknum YM Dilaporkan Polisi

Diduga Pungut Biaya Penerbitan Sertifikat Lahan Erpak Girian Indah, Oknum YM Dilaporkan Polisi

Sejumlah Warga Erpak Girian Indah Melapor Di Polres Bitung Terkait Pungutan Penerbitan Sertifikat Lahan Program PTSL.

SUARAHEBAT.CO.ID | BITUNG -- Kisruh pungutan biaya pengurusan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang diduga dilakukan oleh Oknum YM di tanah Erpak Kinaleosan Girian indah berbuntut panjang.

Pasalnya sejumlah warga yang merasa dirugikan oleh perbuatan oknum YM bersama rekannya,  mendatangi Polres Bitung untuk membuat laporan, Kamis (30/12/2021) Malam Pkl. 20.30 Wita.

Menurut salah seorang korban Sunardi salipati, Oknum YM bersama rekannya mendatangi korban dan meminta menyerahkan uang sejumlah Rp. 350.000 sebagai imbalan telah diterbitkannya sertifikat tanah oleh pemerintah.

"Saya bisa mengambil sertifikat asal membayar Rp. 350.000 kepada Oknum YM, Sedangkan saya hanya seorang buruh bangunan yang pendapatannya pas-pasan," Ujar Sunardi sembari menambahkan ada sebagian warga yang tidak memberikan dana tapi mendapat sertifikat.

Sementara itu, divisi hukum Persatuan Organisasi Lintas Adat Agama Dan Budaya (POLA) D Novian Baeruma S.H yang mendampingi korban menyampaikan, jika ada biaya yang dibebankan kepada masyarakat untuk pernerbitan sertifikat lahan Erpak Girian adalah suatu praktik yang salah dan perbuatan melawan hukum.

"Program penerbitan sertifikat melalui PTSL itu gratis, masyarakat melapor bahwa ada oknum yang mengambil keutungan dari Program pemerintah tersebut," Kata Novian.

Terpisah, Oknum YM saat dikonfirmasi perihal laporan sejumlah warga erpak Girian terhadap dirinya membantah dugaan pungli tersebut, dirinya siap dan juga akan membawa sejumlah bukti-bukti jika diperlukan penyidik.

"Saya siap untuk menghadapi laporan Itu, Saya juga tidak meminta dana kepada warga, dana itu pemberian sukarela warga kepada saya karena mereka tau kerja keras serta upaya saya bersama LSM Rajawali dalam penerbitan sertifikat dilahan Erpak Girian indah," Ujar YM.

(Jorry)

Komentar Via Facebook :