Hebat MPP Pemko Payakumbuh Menggelola 197 Jenis Layanan, Termasuk Proses Nikah.
Untuk Bikin Mall Palayanan Publik Pemkab. Solsel Belajar ke-Pemko Payakumbuh

SuaraHebat.co.id, SOLOK SELATAN — Demi meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mempersiapkan pendirian Mall Pelayanan Publik (MPP).
Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Sekdakab Solok Selatan, Doni Rahmat Samulo, saat kunjungan ke MPP Pemko Payakumbuh, beberapa waktu lalu.
Menurut Doni, MPP didirikan dengan tujuan menggabungkan pelayanan yang diselenggarakan oleh kementerian/lembaga/ pemerintah daerah/BU- MN/BUMD/BUM swasta dalam satu tempat, yang semuanya dalam rangka memudahkan ma- syarakat dalam mendapat kan layanan publik.
Tidak hanya MPP, Do- ni juga berpendapat agar Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan (PATEN) juga diperkuat dalam pelayanan publik kepada masyarakat, apalagi dengan geografis wilayah kabupaten,” ungkapnya.
MPP nanti menurutnya juga harus sejalan dan sinkron dengan penguatan pada layanan PATEN, agar masyarakat betul-betul terbantu dalam hal pengurusan berbagai layanan publik.
Ia mengatakan, bahwa komitmen ini akan segera dilaporkan kepada pimpinan daerah terpilih nantinya agar MPP bisa didirikan di Solsel.
“Kita laporkan segera, dan mudah-mudahan tahun 2022 bisa terwujud di Solsel. Apalagi ini untuk peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Insya Allah, pimpinan pasti akan dukung,” tuturnya.
Semenrara itu. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemko Payakumbuh Harmayunis mengakui Solsel yang saling berjauhan satu dan lainnya, yang tentu berbeda kesulitannya dengan daerah kota.
“MPP perlu kita siapkan dari sekarang. Namun pelayanan melalui PATEN juga harus ditingkatkan kewenangannya, agar masyarakat juga tidak terlalu jauh berurusan ke ibu kota yang didampingi Kabag Organisasi Yonrefli bahwa di MPP Pemko Payakumbuh terdapat 197 jenis layanan.
Layanan tersebut berasal dari SKPD DPM- PTSP dan SKPD lainnya, Samsat, Bank BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Nagari, BPN, PDAM, PLN,
BPJS Kesehatan, Kepolisian, BPJS Ketenagakerjaan, Baznas, Taspen, Kantor Pajak Pratama, BPOM, Imigrasi Kelas II Agam, BPN, dan pelayanan lainnya.
“Proses nikah pun bisa dilaksanakan di MPP, dan langsung keluar buku nikah dan data kependudukan
yang telah diperbaharui oleh disdukcapil. Termasuk Perpanjangan SIM, pelayanan pajak, BPJS, pertanahan, dan layanan lainnya juga sudah bisa diurus di MPP,” tuturnya.
Ia menambahkan, bahwa beberapa tahapan pembentukan MPP di antaranya, Penetapan lokasi mal PP dan regulasi pendukungnya, koordinasi dan komunikasi dengan calon peserta, penyiapan sarana dan prasarana pendukung, penyiapan SDM, soft launching Mal Pelayanan Publik, dan grand opening MPP tahun 2021.
Dia juga menyatakan bahwa jajaran DPMPTSP dan juga bagian organisasi Pemko Payakumbuh siap untuk membantu Solok Selatan dalam proses pendirian MPP ini.
“Yang penting semangat dulu untuk mendirikannya. Kalaupun belum semua layanan dipusatkan di MPP, paling tidak dilakukan secara bertahap. Kita siap bantu,” ujarnya.
Saat kunjungan itu juga di ikuti oleh Kadis DPM- PTSP Solsel Gusnawati, Kabag Organisasi Wahyu Tina, Kabag Humas dan Protokol Firdaus Firman, beserta jajaran DPMPTSP dan bagian organisasi, juga disambut oleh Sekdakab Kota Payakumbuh Rida Ananda dan perangkat daerah lainnya.(idul fitri, SH)
Komentar Via Facebook :